Tertarik dengan Jurusan Fisika? Simak Ini Dulu Sebelum Menyesal

Tertarik dengan Jurusan Fisika? Simak Ini Dulu Sebelum Menyesal
Ilustrasi jurusan fisika. (ist)

emhate.com – Apa yang ada di benakmu ketika mendengar fisika? Sulit? Atau menyenangkan? atau mungkin karena kesulitan itu kamu merasa senang?

Jawabannya adalah fisika akan dikatakan sulit ketika kamu benar-benar berusaha untuk memahami setiap ilmu yang ada di dalamnya. Dan fisika akan menyenangkan ketika kamu benar-benar ingin mengetahui bagaimana cara dunia ini bekerja.

Banyak orang menganggap kuliah jurusan fisika merupakan tempat untuk orang yang pintar dan pemberani. Sehingga tidak cukup banyak orang tertarik untuk mengambil jurusan fisika.

Bukan tanpa alasan, karena banyak orang menganggap fisika merupakan ilmu yang sangat “mengerikan”, apalagi untuk kamu yang tidak suka matematika dan berbagai rumus yang ada di dalamnya

Ketika kamu mengambil jurusan fisika, hal pertama yang harus ada dalam dirimu adalah yakin, yakin jika kamu memang menyukai ilmu fisika (sains).

Untuk mengambil jurusan fisika, kamu tidak harus menjadi orang yang benar-benar pintar. Tetapi setidaknya kamu harus memiliki tekad dan keingin tahuan yang tinggi.

Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang hakikat dunia ini bekerja, baik dalam lingkup ruang maupun waktu. Mulai dari materi paling kecil di alam semesta, sampai cakupan objek super raksasa seperti galaxy.

Namun daripada itu, berikut merupakan 4 hal yang akan kamu dapatkan ketika kamu mengambil jurusan fisika.

1. Cakupan Ilmu yang Sangat Luas

Ketika kamu mengenal fisika, kamu akan memahami bahwa fisika tidak akan lepas dari kehidupan manusia dan semua yang ada di alam semesta dapat dipelajari melalui ilmu fisika.

Banyak hal akan kamu dapatkan ketika kamu terjun lebih dalam ke dunia fisika. Kamu akan mempelajari tentang hakikat dunia ini bekerja, baik dalam lingkup ruang maupun waktu. Mulai dari materi paling kecil di alam semesta, sampai cakupan objek super raksasa seperti galaxy.

Saking banyaknya, ketika kamu mengambil jurusan fisika, kamu akan banyak menemukan area konsentrasi seperti Fisika Teoritik, Fisika Material, Fisika Nuklir, Fisika Instrumentasi, Fisika Medis, Geofisika hingga Astrofisika.

2. Pembelajaran

Ketika kamu memilih untuk mengambil jurusan fisika, kamu akan mempelajari alam melalui sebuah teori dan bahasa matematika merupakan dasarnya.

Mempelajari ilmu fisika tanpa bertemu dengan matematika rasanya cukup mustahil, karena pada dasarnya matematika digunakan untuk memecahkan masalah serta digunakan untuk membantu dalam memahami ilmu fisika.

Di tahun pertama ketika kamu mengambil jurusan fisika, kamu akan mendapatkan materi-materi dasar seperti halnya saat kamu duduk di bangku sekolah. Hanya saja, pembelajaran yang diberikan akan sedikit berbeda.

Memasuki tahun kedua dan ketiga, kamu akan mendapatkan materi pembelajaran yang lebih mendalam. Seperti halnya Fisika Modern, Fisika Matematika, Mekanika, Elektronika, Termodinamika, hingga Fisika Kuantum.

Meskipun termasuk materi yang lebih mendalam, materi pembelajaran itu merupakan pondasi untuk bekal kamu ketika memilih bidang konsentrasi seperti Fisika Teoritik, Fisika Material, Fisika Nuklir, Fisika Instrumentasi, Fisika Medis, Geofisika hingga Astrofisika.

Di setiap semester dari awal kuliah, kamu juga akan bertemu dengan mata kuliah praktikum. Jadi, selain berkutik mempelajari teori kamu juga akan mengimplementasikan gejala fisika dalam bentuk praktikum.

3. Gelar

Tentu saja gelar akan kamu dapatkan ketika kamu dapat menyelesaikan perkuliahan dengan baik sampai lulus.

Lalu, gelar apa yang akan didapat ketika mengambil jurusan fisika? Kamu akan mendapat gelar Sarjana Sains (S.Si) setelah berhasil menempuh studi S1 Fisika.

4. Peluang Pekerjaan

Tidak sedikit orang masih ragu dan mempertanyakan ketika mengambil jurusan fisika, pekerjaan seperti apa yang dapat diambil setelah lulus? Perlu kamu ketahui, bahwa banyak kesempatan yang dapat kamu peroleh ketika lulus dari studi fisika.

Kemampuan problem solving yang dimiliki oleh seorang lulusan fisika sebagai hasil belajarnya di bangku sarjana merupakan faktor menarik bagi berbagai pihak untuk merekrutnya.

Mulai dari menjadi seorang Peneliti, menjadi Guru atau Dosen, bekerja di Eksplorasi Minyak dan Bahan Tambang, bekerja di Bidang Teknologi dan Komunikasi, Bisnis dan Keuangan, hingga bekerja di Bidang Kesehatan.

Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginanmu, tentu saja itu dapat kamu peroleh tidak hanya dengan berdo’a. Namun juga perlu dibarengi dengan semangat dan kerja keras. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.

You might also like