Solusi Ampuh Sembuhkan Sariawan dengan Bahan Alami

Solusi Ampuh Sembuhkan Sariawan dengan Bahan Alami
Ilustrasi obat alami sariawan. (Pixabay.com)

emhate.com – Sariawan di dalam mulut tentu sangat mengganggu aktivitas kita. Ketika makan atau pun berbicara sering kali terasa perih. Sariawan membuat kita merasa tidak nyaman dalam melakukan berbagai kegiatan karena menimbulkan rasa sakit dan perih.

Untuk mengatasi sariawan, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami. Berikut beberapa obat alami untuk sariawan yang bisa kamu coba!

1. Air Garam

Berkumur menggunakan air garam merupakan salah satu cara mudah dan efektif untuk mengatasi sariawan. Garam mempunyai sifat antiseptik, pembersih dan menenangkan.

Siapkan garam dan larutkan 1/2 sendok teh garam dalam 1 gelas air hangat. Kemudian, berkumurlah dengan larutan tersebut sampai menjangkau ke seluruh mulut.

2. Lemon

Buah lemon memiliki kandungan vitamin C yang kaya akan manfaat. Vitamin C pada buah lemon dapat membantu menyembuhkan luka sariawan yang ada di mulut. Air lemon juga mempunya sifat antiseptik dan antijamur yang bisa meredakan sariawan.

Kamu bisa mencampur air lemon dengan air hangan untuk berkumur. Air lemon juga bisa kamu oleskan secara langsung pada sekitar mulut yang mengalami sariawan.

3. Madu

Madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri sehingga mampu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses penyembuhan dari sariawan.

4. Baking Soda

Baking soda dapat membantu membunuh bakteri serta mengobati sariawan. Berkumur dengan larutan baking soda dapat meringankan sariawan di mulut.

Para peneliti menyatakan bahwa meskipun bukan bentuk desinfektan yang paling efektif tetapi baking soda bisa menjadi alternatif obat sariawan.

Caranya adalah larutkan 1/2 sendok teh ke dalam 1 gelas air hangat. Berkumurlah ke seluruh bagian mulut dan keluarkan. Kamu bisa mengulangi sebanyak 2 kali dalam sehari.

5. Sayuran dan buah-buahan

Agar sariawan bisa cepat sembuh, kamu juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, zinc, zat besi, dan folat. Nutrisi-nutrisi tersebut bisa diperoleh dari sayuran dan buah-buahan.

Jangan lupa untuk banyak minum air putih karena sariawan dapat menyebabkan mulut kering dan meningkatkan risiko dehidrasi.

Satu komentar tentang “Solusi Ampuh Sembuhkan Sariawan dengan Bahan Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.

You might also like