Mahasiswa IPB Adakan Kampanye untuk Memperingati Hari Meteorologi Dunia Tahun 2023

Mahasiswa IPB Adakan Kampanye untuk Memperingati Hari Meteorologi Dunia Tahun 2023
Dokumentasi Pribadi Panitia Metday 2023

Emhate.com –  Mahasiswa IPB adakan kampanye untuk memperingati Hari Meteorologi Dunia tahun 2023. Acara puncak Meteorological Day 2023 (Metday 2023) telah dilaksanakan pada tanggal 11 Maret 2023 di Alun-alun Kota Bogor dengan panitia sekitar 60 orang dari kolaborasi antara panitia Metday dan UKM IGAF.

Acara Meteorological Day pada tahun 2023 (Metday 2023) ini mengangkat tema “The Future of Weather, Climate, and Water accross Generation”. Acara ini merupakan program kerja divisi eksternal Himagreto IPB.

Program ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Meteorologi Dunia yang tiap tahun diperingati pada tanggal 23 Maret. Sebelumnya Metday 2023 telah melaksanakan kegiatan pra berupa lomba-lomba yang ditujukan untuk mahasiswa dan masyarakat umum seperti lomba esai dan lomba poster tingkat nasional. Acara ini telah terlaksana dengan lancar dan sukses.

Kolaborasi antara Metday dan UKM Indonesian Green Action Forum (IGAF) IPB membuat acara semakin sukses dan juga menambah silaturahmi antar ormawa di IPB. Acara ini dikemas dalam bentuk kampanye berjalan dan aksi lingkungan.

Kampanye berjalan dilakukan dengan melakukan sosialisasi dan wawancara kepada masyarakat tentang apa yang diketahui dengan Hari Meteorologi Dunia dan kaitannya dengan lingkungan, dan membagikan bibit tanaman puncuk merah sebanyak 20 bibit pohon.

Sementara itu, dalam aksi lingkungan, mahasiswa juga mengajak masyarakat untuk menandatangani banner dan menempelkan tangan dengan cat sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat untuk mengajak berkomitmen dalam menjaga cuaca, iklim, dan lingkungan agar membantu mengurangi dampak dari perubahan iklim yang semakin nyata.

Secara keseluruhan acara dilakukan dengan tertib dan kondusif serta disambut dengan sangat baik oleh masyarakat setempat dari semua kalangan. Masyarakat sangat antusias hingga banyak sekali yang ikut berkontribusi dalam seluruh rangkaian acara.

Mereka sangat mengapresiasi dengan diadakannya acara ini karena membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ilmu meteorologi dan lingkungan. Sebagian besar masyarakat juga mengharapkan kegiatan seperti ini dapat lebih sering diadakan karena sangat menarik perhatian apalagi melihat peran mahasiswa yang semakin eksis di masyarakat dengan aksi nyatanya.

Ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat baik panitia dari Metday dan IGAF, serta masyarakat yang mau ikut berkontribusi dalam perayaan Hari Meteorologi Dunia ini.

Harapannya, semoga acara Metday ini bisa diadakan lebih meriah dan melibatkan lebih banyak pihak agar semakin dikenal oleh masyarakat awam yang masih kurang mengetahui terkait ilmu meteorologi dan menjaga lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.

You might also like