Keutamaan Sholat Dhuha, Tidak Dicatat Sebagai Kaum yang Lalai hingga Dibangunkan Rumah di Surga

Keutamaan Sholat Dhuha, Tidak Dicatat Sebagai Kaum yang Lalai hingga Dibangunkan Rumah di Surga
Ilustrasi sholat dhuha. (Unsplash.com)

Emhate.com – Mengawali hari dengan beribadah sebelum melaksanakan berbagai aktivitas sangat dianjurkan. Salah satu ibadah yang bisa dilakukan pada waktu pagi hari adalah sholat dhuha.

Dikutip dari NU Online, kata dhuha secara bahasa adalah nama untuk awal siang hari (pagi); sedangkan shalat dhuha dalam fiqih adalah shalat sunnah yang dilakukan di waktu dhuha. Sholat dhuha dilakukan mulai matahari terbit seukuran satu tombak (tujuh hasta atau 2,5 meter) sampai waktu zawâl (saat matahari tergelincir ke arah barat).

Hukum melaksanakan sholat dhuha adalah sunnah muakad. Yuk, simak beberapa keutamaan melaksanalan sholat dhuha di bawah ini!

1. Menjadi sedekah semua tulang manusia

Diriwayatkan dari Abu Dzar radliyallahu ‘anh, dari Nabi ﷺ, beliau bersabda: ‘Ada sedekah (yang hendaknya dilakukan) atas seluruh tulang salah seorang dari kalian. Karena itu setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah, dan dua rakaat shalat Dhuha mencukupi semuanya itu’,” (HR Muslim).

2. Menjadi sholat kaum awwâbîn

Kaum awwâbîn yaitu orang-orang yang pulang (bertaubat) kepada Allah ta’ala.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anh, ia berkata: ‘Rasulullah ﷺ bersabda: ‘Tidak ada yang menjaga shalat Dhuha kecuali orang yang kembali kepada Allah dengan bertaubat.’ Rasulullah ﷺ bersabda: ‘Shalat Dhuha adalah shalat orang-orang yang kembali kepada Allah dengan bertaubat’,” (HR al-Hakim dan ia berkata: “Ini hadits shahih sesuai syarat Imam Muslim).

3. Setiap dua rakaat sholat Dhuha mempunyai keutamaan khusus

“Diriwayatkan dari Ismail bin Ubaidillah, dari Abdullah bin Amr, ia berkata: ‘Aku bertemu dengan Abu Dzar radliyallahu ‘anh, lalu berkata: ‘Wahai Paman, beritahukanlah diriku pada suatu kebaikan.’ Lalu ia menjawab: ‘Aku bertanya kepada Rasulullah ﷺ sebagaimana Kamu bertanya kepadaku. Lalu beliau bersabda: ‘Bila Kamu shalat Dhuha dua rakaat maka tidak akan dicatat sebagai bagian dari kaum yang lalai; bila Kamu shalat Dhuha empat rakaat maka akan dicatat sebagai bagian dari kaum yang berbuat baik; bila Kamu shalat Dhuha enam rakaat maka akan dicatat sebagai bagian dari kaum yang taat; bila Kamu shalat Dhuha delapan rakaat maka akan dicatat sebagai bagian dari kaum yang beruntung; bila Kamu shalat Dhuha 10 rakaat maka pada hari itu tidak akan dicatatkan dosa bagimu; dan bila Kamu shalat Dhuha 12 rakaat maka akan dibangunkan untukmu sebuah rumah di surga’,” (HR al-Baihaqi).

Itulah beberapa keutamaan sholat dhuha. Biasakan dirimu untuk melaksanakan sholat dhuha sebelum beraktivitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.

You might also like