Anti Kantong Kering, Anak Kos Wajib Tahu 6 Tips Hidup Hemat Ini

Anti Kantong Kering, Anak Kos Wajib Tahu 6 Tips Hidup Hemat Ini
Ilustrasi hidup hemat. (Pixabay.com)

emhate.com -Jika kamu anak rantau dan sedang menjadi anak kos, kamu wajib baca ini sampai akhir supaya tahu tips hemat untuk anak kos. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata hemat adalah berhati-hati dalam membelanjakan uang, dan sebagainya. Arti lainnya dari hemat adalah tidak boros.

Bagi anak kos, jika tidak mengetahui cara menghemat uang, setiap akhir bulan bisa berujung pasrah dan mengandalkan stok mi instan. Apalagi untuk kamu yang masih menyandang status mahasiswa dan belum punya penghasilan sendiri.

Apalagi harga barang-barang di tanah perantauan lebih mahal dari daerah asalmu. Hal itu bisa membuatmu merasa lebih berat jika tidak bisa menahan godaan gaya hidup yang tidak sesuai dengan kantongmu.

Kemampuan mengatur keuangan wajib dimiliki untuk kamu yang tinggal di perantuan. Oleh karena itu, yuk simak tips hidup hemat untuk anak kos supaya kamu anti kantong kering!

1. Buat catatan pengeluaran bulanan

Setiap kamu menerima uang dari orangtua atau gaji bulanan segera sisihkan untuk kebutuhan-kebutuhan pokok yang penting seperti biaya sewa kos, makan sehari-hari, transportasi, bayar listrik, kuota internet, dan kepentingan kerja atau kuliah.

Catatan segala pengeluaran untuk kebutuhan pokokmu. Sesuaikan anggaran dengan uang yang kamu miliki. Pastikan kebutuhan utamamu sudah terpenuhi.

2. Masak dan bawa bekal sendiri

Masak nasi sendiri akan membantu kamu untuk lebih hemat. Apalagi jika kamu juga masak lauk sendiri. Contoh ketika kamu membeli makanan di kantin dengan hara 25.000 . Harga makanan tersebut jika dibelanjakan bahan-bahan masakan bisa untuk makan 3 porsi.

Masaklah sendiri sekaligus melatih kamu agar pandai memasak. Jika kamu sibuk, setidaknya masak nasi sendiri akan membuatmu lebih hemat.

3. Bawa air putih setiap saat

Sediakan tumbler berisi air putih saat kamu pergi kemana-mana. Hal itu bisa membuatmu lebih hemat karena ketika kamu haus, kamu tidak perlu membeli minuman kemasan. Selain itu, minum air putih juga bisa membuat tubuhmu sehat.

jika beraktivitas di luar seharian kamu biasa membeli 1-3 botol air mineral kemasan 600 ml seharga 3.500-5.000 atau dalam sehari kamu bisa mengeluarkan uang hingga 10.500-15.000 hanya untuk minum.

Artinya, jika membawa air minum sendiri, dalam sebulan kamu bisa menghemat hingga 450.000. Selain berhemat, cara ini juga ampuh membuatmu mengurangi penggunaan sampah plastik.

4. Sediakan sedikit uang di dompet

Jangan membawa banyak uang di dompet. Sediakan uang secukupnya saja agar kamu tidak tergiur membeli sesuatu yang kurang kamu butuhkan.

Jika isi dompetmu sedikit, kamu pasti jadi memutar otak untuk menentukan menu makanan yang mengenyangkan, enak, tapi juga sesuai bujet. Hal itu bisa membantu kamu untuk lebih hemat

5. Lakukan belanja bulanan sekaligus

Belanja sedikit demi sedikit mungkin terlihat lebih ringan, tapi tanpa kamu sadari itu bisa membuatmu lebih boros.

Ketika kamu berniat hanya ingin membeli beras. Kemudian malah tergoda untuk membeli snack yang dipajang di dekat meja kasir. Jika itu dilakukan secara terus-menerus bisa membuat kantongmu kering dan kebingungan di akhir bulan.

Jika kamu membeli kebutuhan secara sekaligus dalam satu waktu, maka akan membuat kamu jadi lebih fokus pada barang-barang yang diperlukan saja. Selain itu, karena secara kuantitas dan nominal harga barang yang dibeli sudah besar, kecenderungan untuk membeli barang-barang tambahan menjadi berkurang.

6. Belajar menabung

Sisihkan sebagian uangmu untuk ditabung. Misal sisihkan 5.000 per hari. Jika ditotal, dalam sebulan kamu sudah memiliki tabungan sebanyak 150.000. Jika setahun akan menjadi 1.800.000. Sedikit demi sedikit lama-lama akan menjadi bukit.

Jangan menunggu sisa tapi sisihkan. Hal itu bisa membuatmu jauh lebih hemat dan punya tabungan untuk masa depan atau pun untuk keperluan mendadak yang tidak terduga.

Itulah 6 tips hemat versi emhate.com. Jangan lupa coba supaya kamu bisa lebih hemat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.

You might also like