3 Cara Liburan ke Puncak Bogor Anti Macet

3 Cara Liburan ke Puncak Bogor Anti Macet
Jalan Raya Puncak Bogor. (emhate.com)

emhate.com – Puncak, Bogor menjadi destinasi wisata yang sering ramai setiap akhir pekan. Wisatawan dari berbagai kota berkunjung ke Puncak untuk menikmati liburannya.

Alih-alih liburan ke Puncak, namun malah terjebak macet berjam-jam selama perjalanan ke tempat wisata. Akhirnya waktu liburan di tempat wisatanya sedikit, karena harus segera pulang ke kota asal.

Bagi kamu yang ingin liburan ke Puncak tapi nggak mau kena macet, yuk ikuti beberapa cara berikut.

1. Liburan di Weekday

Memang banyak wisatawan yang memiliki waktu liburannya hanya akhir pekan atau weekend saja. Sementara hari-hari biasa (weekday) harus sekolah atau kerja kantoran. Namun, bagi kamu yang benar-benar ingin liburan anti macet ke Puncak, hari biasa adalah waktu yang sangat cocok.

Ketika liburan di hari biasa kamu akan memiliki banyak waktu untuk menikmati suasana Puncak. Kamu juga tidak akan merasa terburu-buru pulang karena jalanan tidak akan satu arah seperti akhir pekan. Meskipun dalam beberapa waktu satu arah akan diberlakukan di hari biasa ketika volume kendaraan meningkat.

2. Berangkat Pagi, Pulang Malam

Lalu, bagaimana kalau hanya akhir pekan saja waktu liburannya? Tenang, jangan khawatir. Kamu tetap bisa liburan ke Puncak tanpa terjebak macet.

Caranya dengan berangkat pagi-pagi. Kalau berangkatnya dari Jakarta diusahakan Subuh sudah di jalan. Bagi yang beragama Islam bisa melakukan salat di masjid yang ada sepanjang jalan. Dengan berangkat pagi-pagi dari rumah, potensi terjebak macet kecil.

Kalau dari rumah berangkat jam 6 atau 7, mungkin akan terjebak macet. Mengingat waktu tersebut banyak orang yang keluar juga untuk liburan atau kegiatan lainnya.

Nanti pulangnya malam saja ketika jalan raya sudah lengang. Sembari menunggu, kamu bisa menikmati Puncak sepuas mungkin. Ada banyak tempat makan yang siap memanjakan lidah kamu.

3. Menggunakan Jalan Alternatif

Bisa liburannya hanya di akhir pekan, tapi gak bisa berangkat pagi-pagi? Solusinya adalah menggunakan jalan alternatif.Ada beberapa jalan alternatif di Puncak. Berikut emhate.com bagikan jalan alternatif Puncak anti macet.

Lewat Katulampa

Jika kamu berada di Bogor kota dan mau ke Puncak, bisa menggunakan jalan alternatifnya lewat Katulampa. Kamu tinggal menuju Bale Binarum saja. Lalu ke Katulampa.

Kemudian tinggal bertanya saja kepada warga setempat, mau ke Puncak lewat jalan Pasir Angin. Nanti kamu akan diarahkan.

Ketika tiba di Pasir Angin, kamu tinggal pilih. Mau langsung ke Jalan Raya (Gadog) atau tetap jalan alternatif.  Jika ingin tetap jalan alternatif, kamu tinggal ikuti jalan ke arah Cikatapis, lalu Ciletuh, dan keluar di Simpang Megamendung.

Lewat Gunung Geulis

Buat kamu yang berada di daerah Sentul, bisa menggunakan Jalan Gunung Geulis sebagai alternatif menuju Puncak. Nanti keluarnya di Gadog atau bisa juga menggunakan jalan Cikatapis kemudian keluarnya di Simpang Megamendung.

Lewat Bendungan

Jika kamu dari arah Ciawi, kemudian terjebak macet di Seuseupan karena jalannya ditutup. Tinggal belok saja ke Bendungan. Biasanya banyak warga yang mengarahkan untuk melewati jalan tersebut.

Ketika menggunakan jalan alternatif Puncak dari Bendungan, kamu akan keluar di Citeko, Cibeureum, atau Hankam. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.

You might also like