Begini Cara Mahasiswa KKNT Inovasi IPB Jadikan Desa Sirnarasa Lebih Bersih dan Hijau

Daftar Isi
Aksi mahasiswa KKNT IPB jadikan Desa Sirnarasa lebih bersih dan hijau. (Istimewa)
Mahasiswa KKN-T Inovasi IPB University bimbingan Dudi Muhammad Wildan S. PI., M.Si meluncurkan program SampaHijau (Sistem Kelola Sampah Inovatif dan Ramah Lingkungan) di Desa Sirnarasa, Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah organik dan mengubah sampah menjadi sumber daya yang bermanfaat.

Pada 22 Juli 2024, kegiatan sosialisasi dan praktik pembuatan komposter dilaksanakan di Kantor Desa Sirnarasa. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dusun, Ketua RW dan RT, serta ibu-ibu PKK Desa Sirnarasa.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa IPB memberikan pemahaman kepada peserta mengenai dampak negatif sampah organik jika tidak dikelola dengan baik. Selain itu, mereka juga mengajarkan cara membuat komposter sederhana yang dapat dibuat dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Setelah pembuatan komposter, peserta juga diberikan pelatihan mengenai cara membuat pupuk organik padat dan cair dari sampah organik.

Bagus Bintang Permana selaku Penanggung Jawab program SampaHijau mengatakan, “Program SampaHijau ini merupakan salah satu upaya kami untuk memberikan solusi atas permasalahan sampah di Desa Sirnarasa. Dengan adanya komposter, masyarakat dapat mengelola sampah organik mereka sendiri dan menghasilkan pupuk organik yang dapat digunakan untuk menyuburkan tanaman.”

Kegiatan diawali dengan sosialisasi mengenai pentingnya pengelolaan sampah organik, dampak negatif sampah terhadap lingkungan, serta manfaat dari pembuatan komposter dan pupuk organik. Setelah itu, para peserta diajak untuk langsung mempraktikkan pembuatan komposter dan mengisi komposter dengan sampah organik.

Deni Firdaus Zam zam, S.SOS selaku Kepala Desa Sirnarasa menyambut baik program SampaHijau ini. Ia berharap program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengurangi volume sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir.

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif mahasiswa IPB ini. Program SampaHijau ini sangat bermanfaat bagi masyarakat kami,” ujarnya.

Program “SampaHijau” dari Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Inovasi IPB University 2024 di Desa Sirnarasa, Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat diinisiasikan oleh Daffa Nofiansyah (G6401211098), Arinda Putri Widatami (C3401211079), Safiena Maura Azka (D2401211099), Nanda Afifah Nur Aini (E2401211068), Hanifah Rahmacindia Nasution (G1401211094), Bagus Bintang Permana (G8401211006), Syifa Nurul Aini (H4401211087), dan Putri Andira Seruni (I3401211072).
 
Gabung ke saluran WhatsApp emhate.com untuk mendapatkan informasi lebih update. Klik link di bawah ini
emhate.com
emhate.com Menulis Tanpa Henti

Posting Komentar