Analisis Statistik: Definisi, Jenis, dan Manfaatnya di Berbagai Bidang

Daftar Isi

emhate.com – Setiap yang terjadi di dunia ini pasti disebabkan atau dipengaruhi oleh sesuatu. Sesuatu itu bisa terdiri dari satu objek/kejadian (variabel) atau bisa saja terdiri dari beberapa variabel.

Apel jatuh karena dipengaruhi gaya gravitasi. Tanah menjadi longsor karena dipengaruhi kemiringan lereng dan gaya kinetik air hujan. Makhluk hidup menjadi sehat karena dipengaruhi asupan makanan yang bergizi dan kualitas lingkungan yang sehat.

Setiap variabel memiliki atau dapat direpresentasikan dengan angka. Setiap variabel memiliki pengaruh yang berbeda-beda. Untuk menentukan kesimpulan dari suatu kejadian atau fenomena, maka analisis statistik perlu dilakukan.

Definisi Analisis Statistik

Analisis statistik merupakan teknik untuk mengungkapkan pola, keterkaitan data, tingkat pengaruh atau signifikannya suatu variabel terhadap variabel lain. Analisis statistik dapat mengemukakan makna tersembunyi dalam angka setiap variabel.

Variabel yang memiliki nilai besar belum tentu memberikan pengaruh yang paling besar dalam memengaruhi suatu kejadian. Begitu pun dengan variabel yang memiliki nilai kecil, belum tentu memberikan pengaruh yang paling kecil dalam menyebabkan suatu kejadian.

Terdapat variabel yang memicu suatu kejadian, namun ada juga yang mencegah atau menghambat terjadinya suatu kejadian. Melalui analisis statistik, makna angka dari setiap variabel dapat diketahui.

Jenis-Jenis Analisis Statistik

Terdapat lima jenis analisis statistik, yaitu analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial, analisis statistik asosiasi, analisis prediktif dan analisis diskriminan.

1. Analisis Statistik Deskriptif

Analisis statistik deskriptif adalah metode statistik untuk meringkas data yang telah dikumpulkan. Dalam analisis ini, data dijelaskan melalui ukuran-ukuran statistik seperti mean, median, modus, range, variance, min (variabel terkecil), maks (variabel terbesar), kuartil dan standar deviasi. Nilai-nilai ini kemudian divisualisasikan berupa tabel maupun diagram.

2. Analisis Statistik Inferensial

Analisis statistik inferensial adalah metode analisis yang dapat menarik kesimpulan sebuah populasi secara umum berdasarkan hasil sampel yang digunakan. Tujuan analisis ini adalah mengetahui sifat/karakteristik atau gambaran dari populasi yang sebenarnya dengan memanfaatkan sampel. Harapannya, sampel yang dianalisis mampu menjelaskan secara hampir sempurna dari kondisi populasi yang sebenarnya. Dengan kata lain, sampel yang digunakan diharapkan dapat mewakili populasi secara akurat.

3. Analisis Statistik Asosiasi

Analisis statistik asosiasi merupakan metode analisis untuk mengidentifikasi pola sebab-akibat atau hubungan dari dua variabel atau lebih. Biasanya analisis ini digunakan untuk uji multikolinearitas adanya hubungan antar variabel x (bebas, independen atau penjelas). 

4. Analisis Prediktif

Analisis prediktif digunakan untuk memprediksi peristiwa yang akan terjadi menggunakan data tren waktu. Metode ini menggunakan variabel dari fakta dan sejarah yang telah terjadi.

5. Analisis Diskriminan

Analisis diskriminan merupakan teknik analisis untuk mengelompokkan atau mengklasifikasi kumpulan data ke dalam kelas berdasarkan kesamaan sifat atau karakteristik data. Analisis ini mampu mencari kehomogenan atau kemiripan sifat atau karakteristik dalam data untuk dimasukkan ke dalam kelas yang sama. Jumlah kelas data dapat diatur berdasarkan kebutuhan.

Manfaat Analisis Statistik

Analisis statistik bermanafaat untuk berbagai kegiatan. Dalam bisnis, analisis statistik dapat digunakan untuk membatu pengambilan keputusan mempersiapkan jumlah bahan baku/produk lebih banyak berdasarkan data penjualan.

Dalam penelitian ilmiah, analisis statistik berperan dalam menentukan kelompok, pengaruh/signifikansi variabel yang digunakan untuk membantu membuat kesimpulan. Dalam pemerintahan, analisis statistik dapat digunakan untuk memprediksi angka sementara dari pertumbuhan ekonomi, dan masih banyak lagi.

Dapat disimpulkan, analisis statistik hampir selalu digunakan dalam setiap bidang ilmu. (FAR)

emhate.com
emhate.com Menulis Tanpa Henti

Posting Komentar