Ramadhan Kembali Tiba #85

Marhaban Ya Ramadhan. Selamat datang bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan. Ramadhan merupakan bulan Alquran. Di bulan inilah Alquran pertama kali diturunkan. Kemudian pedoman umat Islam ini diturunkan secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad SAW.

Tibanya Ramadhan apakah sesuatu yang perlu dibanggakan? Menurut saya iya. Kita harus bangga dengan datangnya bulan ini. Bulan yang melipatgandakan setiap amalan kita. Bagi Anda yang pernah bilang “Semoga kita bertemu lagi dengan Ramadhan”, inilah saatnya untuk meningkatkan amalan kita dari Ramadhan sebelumnya.

Saya tahu, kita akan menghadapi dua Ramadhan dengan kondisi pandemi Covid-19. Menurut saya, ini bukan hal yang menjadi alasan untuk tidak memperbanyak amalan, justru ini adalah tantangan yang harus kita hadapi sebagai umat Islam. Tentu kita berdoa, Ramadhan berikutnya virus yang amat kecil ini telah hilang dan pergi, sehingga kita bisa melaksanakan Ramadhan seperti tahun-tahun lalu tanpa pandemi.

Ramadhan membuat kita belajar. Belajar menahan diri. Bukan hanya makan dan minum, tapi juga nafsu atau perbuatan buruk lainnya. Ramadhan membuat kita belajar berbagi kepada sesama. Banyak orang berbagi di bulan berkah ini, seperti bagi-bagi takjil, sahur, maupun yang lainnya.

Ramadhan juga menjadi bulan yang mempertemukan antar insan melalui buka bersama. Tidak jarang yang mengadakan reuni di bulan ini. Mereka bisa bercengkrama mengingat masa lalu bersama temannya. Ada juga yang mengenang kisah cintanya yang kala itu baru mengenal cinta.

Ramadhan juga membuat kita belajar sabar. Sabar dalam berbagai hal, seperti sabar menahan untuk tidak makan dan minum kala shaum. Sabar ketika melaksanakan tawarih hingga bisa istiqomah dari hari pertama hingga terakhir.

Adanya Ramadhan sejatinya membuat kita banyak bersyukur. Apapun menu buka shaum, kita syukuri. Sebab, di luar sana masih ada orang-orang yang berbuka hanya sekadar minum air putih atau sebiji kurma.

Banyak sekali hikmah di balik Ramadhan. Semoga Ramadhan kali ini kita bisa memetik banyak hikmah. Mendapatkan suatu energi positifnya untuk dapat mengikuti momen-momen Ramadhan dengan penuh keistiqomahan.

Selamat datang Ramadhan. Marhaban ya Ramadhan.

Bogor, 12 April 2021
MHT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.

You might also like