Optimalkan Pariwisata Desa, Mahasiswa KKN-T IPB Buat Pemetaan Lokasi Wisata Desa Mekarbuana

Optimalkan Pariwisata Desa, Mahasiswa KKN-T IPB Buat Pemetaan Lokasi Wisata Desa Mekarbuana

 

Mahasiswa KKN-T IPB di Desa Mekarbuana. (Foto Istimewa)

Emhate.com – Kabupaten Karawang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Barat. Kabupaten Karawang dikenal sebagai kawasan industri. Ditengah hiruk-pikuknya kawasan industri yang gersang dan berpolusi terdapat sisi lain dari Kabupaten Karawang yang dapat memanjakan mata para wisatawan. Kabupaten karawang merupakan kawasan yang memiliki berbagai jenis wisata, baik wisata alam dan buatan.

Daerah Selatan Karawang dikenal dengan wisata pegunungan sedangkan daerah utara dikenal dengan wisata pantai. Salah satu daerah selatan tersebut adalah Desa Mekarbuana yang terkenal dengan wisata air yang beragam dan dapat menjadi pilihan destinasi keluarga. Destinasi wisata unggulan yang ada di Desa Mekarbuana adalah wisata air terjun. WIsata air terjun yang terkenal di Desa Mekarbuana adalah Curug Cigentis.

Selain itu, terdapat beberapa destinasi wisata unggulan lain yang ada di Desa Mekarbuana, seperti Curug Bandung, Curug Peuteuy, Rumah Makan Empang Sari Mas, Kampung Turis, Villa Arab, Raja Camp, Camping Ground Cigolosor, dan Leuwibaeud.

Namun, lokasi wisata Desa Mekarbuana yang terdapat di dataran tinggi menyebabkan keterbatasan jaringan internet untuk menunjukkan rute menuju lokasi wisata menggunakan aplikasi google maps. Kendala tersebut menghambat minat para wisatawan untuk berwisata ke Desa Mekarbuana.

Pemetaan lokasi wisata Desa Mekarbuana yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN-T IPB 2022 dicetak dalam bentuk banner yang disertai QR Codeyang akan langsung terhubung dengan dokumen peta wisata digital yang dapat diunduh. Peta lokasi wisata tersebar di empat titik strategis yaitu Kantor Desa Mekarbuana, Tempat Parkir Pemandian Muara Tiga,

Rumah Makan H. Enim dan tempat parkir terakhir untuk mobil menuju Curug Cigentis. Proses yang dilakukan mahasiswa KKN-T IPB dimulai dengan melakukan survei untuk melakukan dokumentasi tempat tempat wisata, pembuatan desain peta lokasi wisata sampai pencetakan dan pemasangan banner peta lokasi wisata. Proses tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal  27 Juni hingga 21 Juli 2022. 

Peta wisata diharapkan dapat mengoptimalkan potensi wisata di Desa Mekarbuana dengan membantu para wisatawan dalam navigasi menuju lokasi tempat-tempat wisata yang akan dituju Potensi lokasi wisata di Desa Mekarbuana yang beragam dapat menjadi ajak  re-brandinglokasi wisata di masa pasca pandemi Covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.

You might also like